Senin, 02 Juni 2014

PROPOSAL PENELITIAN KARAKTERISTIK PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MADURA



PROPOSAL PENELITIAN

KARAKTERISTIK PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI

MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS MADURA



Disusun dalam rangka Penelitian bagi Dosen









  Disusun oleh :

Ir. Bambang Poerdyatmono, S.H., M.T.

Dosen Fakultas Teknik Universitas Madura





LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

( LP3M)

UNIVERSITAS MADURA

2013




KARAKTERISTIK PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI

MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS MADURA
-------------------------------------------------------------------------------------------------------

A. Pendahuluan

            Adanya aktivitas perkuliahan akan menimbulkan perjalanan yang dapat menghasilkan pergerakan orang  yang pada akhirnya memerlukan pilihan moda transportasi.

            Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tarikan dan bangkitan perjalanan untuk kuliah dari tempat tinggal mahasiswa Fakultas Teknik menuju kampus Universitas Madura.



B. Tujuan

            Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik penggunaan moda transportasi mahasiswa Fakultas Teknik, menganalisis pengaruh status soaial mahasiswa Fakultas Teknik terhadap pemilihan moda transportasi, menganalisis fakto-faktor lainnya yang mempengaruhi selain faktor sosial ekonomi.



C. Metode Penelitian

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah :

     1. Teknik Angket

      Teknik Angket ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner kepada mahasiswa   Fakultas untuk menganalisis karakteristik responden yang berkaitan dengan penggunaan moda transportasi untuk perjalanan kuliah.


     2. Teknik Wawancara

       Teknik Wawancara ini dilakukan bersamaan denagn teknik angket agar lebih mudah   mengidentifikasi responden dalam pengambilan data sekunder lainnya.

       Teknik pengambilan sampel kuisioner mahasiswa menggunakan probability sampling  dengan stratified random sampling. Sedangkan metode analisisnya menggunakan analisis regresi logistik multinomial, frekuensi dan tabulasi silang (crosstab).



D. Hipotesis Penelitian

     Hipotesis penelitian berdasarkan pengamatan di lapangan adalah sebagai berikut :

  1. Mahasiswa Fakultas Teknik lebih banyak menggunakan moda transportasi pribadi (sepeda motor).

  2. Mahasiswa yang berdomisili di Kabupaten Pamekasan lebih besar dari pada yang berdomisili dari 3 (tiga) kabupaten lainnya (Kabupaten Sampang, Kabupaten Sumenep, dan Kabupaten Bangkalan).

   3.  Status sosial ekonomi mahasiswa Fakultas Teknik adalah menengah ke bawah.



E. Referensi

     1. Elfandar, 2012, Karakteristik Pemilihan Moda Transportasi untuk Perjalanan Kuliah,      Skripsi S1 FT Universitas Madura, Pamekasan.

     2. Miro, 2012, Pengantar Sistem Transportasi, Erlangga-Jakarta.

     3. Nasution, 1996, Manajemen Transportasi, Ghalia-Indonesia, Jakarta.

   4. Poerdyatmono, 2001, Karakteristik Pejalan Kaki di Pusat Kota Jogjakarta, Tesis S2  MSTT Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar