PROPOSAL PENELITIAN
KARAKTERISTIK PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI
MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MADURA
Disusun dalam rangka Penelitian bagi
Dosen
Disusun oleh :
Ir. Bambang
Poerdyatmono, S.H., M.T.
Dosen Fakultas Teknik Universitas Madura
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
( LP3M)
UNIVERSITAS MADURA
KARAKTERISTIK PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI
MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MADURA
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
A. Pendahuluan
Adanya aktivitas perkuliahan akan
menimbulkan perjalanan yang dapat menghasilkan pergerakan orang yang pada akhirnya memerlukan pilihan moda
transportasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
tarikan dan bangkitan perjalanan untuk kuliah dari tempat tinggal mahasiswa
Fakultas Teknik menuju kampus Universitas Madura.
B. Tujuan
Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk mengidentifikasi karakteristik penggunaan moda transportasi mahasiswa
Fakultas Teknik, menganalisis pengaruh status soaial mahasiswa Fakultas Teknik
terhadap pemilihan moda transportasi, menganalisis fakto-faktor lainnya yang
mempengaruhi selain faktor sosial ekonomi.
C. Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah :
1.
Teknik Angket
Teknik Angket ini dilaksanakan dengan
menyebarkan kuisioner kepada mahasiswa Fakultas untuk menganalisis
karakteristik responden yang berkaitan dengan penggunaan moda transportasi
untuk perjalanan kuliah.
2.
Teknik Wawancara
Teknik Wawancara ini dilakukan bersamaan
denagn teknik angket agar lebih mudah mengidentifikasi responden dalam
pengambilan data sekunder lainnya.
Teknik pengambilan sampel
kuisioner mahasiswa menggunakan probability
sampling dengan stratified random
sampling. Sedangkan metode analisisnya menggunakan analisis regresi logistik multinomial, frekuensi
dan tabulasi silang (crosstab).
D. Hipotesis
Penelitian
Hipotesis penelitian
berdasarkan pengamatan di lapangan adalah sebagai berikut :
1. Mahasiswa Fakultas Teknik
lebih banyak menggunakan moda transportasi pribadi (sepeda motor).
2. Mahasiswa yang berdomisili
di Kabupaten Pamekasan lebih besar dari pada yang berdomisili dari 3 (tiga)
kabupaten lainnya (Kabupaten Sampang, Kabupaten Sumenep, dan Kabupaten
Bangkalan).
3. Status sosial ekonomi mahasiswa
Fakultas Teknik adalah menengah ke bawah.
E. Referensi
1. Elfandar, 2012, Karakteristik Pemilihan Moda Transportasi
untuk Perjalanan Kuliah, Skripsi S1 FT Universitas Madura, Pamekasan.
2. Miro, 2012, Pengantar Sistem Transportasi, Erlangga-Jakarta.
3. Nasution, 1996, Manajemen Transportasi, Ghalia-Indonesia, Jakarta.
4. Poerdyatmono, 2001, Karakteristik Pejalan Kaki di Pusat Kota
Jogjakarta, Tesis S2 MSTT Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar